Pemerintah menyiapkan dana Rp 1 triliun untuk beasiswa S2 dan S3 khusus mahasiswa berprestasi.

Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh menjelaskan, masyarakat berbasis pengetahuan kuncinya ada pada orang yang memiliki keahlian. Sengaja pemerintah membuat terobosan itu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas doktor di Indonesia.

"Memang ada orang yang dibiarkan begitu saja tapi keahliannya bagus, tapi tidak banyak. Akan lebih kuat jika orang-orang yang memiliki keahlian tersebut kita "ciptakan"," kata M Nuh dirilis kemendiknas, Rabu (30/6)

Anggaran dana satu triliun itu akan disiapkan mulai tahun 2010 ini khusus beasiswa untuk mahasiswa Strata 2 dan Strata 3 berprestasi.

M Nuh menegaskan, siapa pun putera bangsa yang mewakili Indonesia ke kancah pendidikan atau prestasi ilmiah di kancah internasional akan mendapatkan beasiswa tersebut.

"Siapa pun yang berhasil mengharumkan nama bangsa akan mendapat beasiswa sampai S3 di universitas mana pun. Anak-anak yang ikut olimpiade merupakan benih mahal yang sudah teruji. Karena itu kami jadikan prioritas untuk menjadi doktor nantinya," pungkas Mendiknas. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar